Beranda » Bantul » 8 Wisata Murah Jogja Terbaru Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Murah Jogja ada banyak dan gak kalah asyik untuk kamu kunjungi. Bahkan, tempat wisata di Jogja selalu bertambah setiap tahunnya. Maka tak heran jika Jogja disebut sebagai surganya tempat wisata. Ada berbagai obyek wisata yang bisa kamu pilih, seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata pantai, wisata goa, wisata sejarah, wisata edukasi, dan masih banyak lagi.

Paket Wisata Jogja Murah Kalibiru

Daftar Wisata Murah Jogja

Saat liburan, tentunya pergi rekreasi bersama teman ataupun keluarga menjadi pilihan kamu untuk mengisi waktu. Jogja adalah salah tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi. Berikut ini kami rangkum deretan wisata Jogja yang terbaru dan murah.

 

1.     Bukit Mojo Gumelem

Tempat wisata yang pertama yaitu Bukit Mojo Gumelem. Lokasi ini berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kamu tidak perlu membayar retribusi untuk memasuki tempat wisata ini. Hanya saja kamu tetap harus membayar parkir, Rp 2.000 untuk motor serta Rp 5.000 untuk mobil.

Bukit Mojo Gumelem menyuguhkan pemandangan alam berbukit yang luas. Berbagai spot foto yang berbentuk unik tersedia di tempat ini. Kamu bisa berfoto seperti di atas sangkar burung raksasa, duduk di ayunan yang menghadang ke jurang, ataupun duduk di teras ngopi untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Cukup bayar Rp 3.000 per spot bagi kamu yang ingin mencoba spot foto tersebut. Sangat murah, bukan?

2.     Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit merupakan tempat wisata yang juga berada Desa Mangunan, tepatnya berada di Dusun Sukarame kawasan Hutan Pinus. Kamu akan dikenakan biaya masuk Rp 2.000 saja. Selain itu, untuk parkir sepeda motor Rp 2.000 sedangkan parkir mobil Rp 5.000. Pemandangan alam di sini tidak kalah indahnya, bahkan bisa kamu nikmati di malam hari.

Berlibur di Seribu Batu Songgo Langit akan membuatmu merasakan pengalaman liburan yang berbeda dan unik. Seperti namanya, di kawasan ini kamu akan menemukan bebatuan yang bisa kamu jadikan sebagai spot berfoto. Selain itu juga terdapat jembatan panjang dari kayu dan Rumah Kurcaci yang dibangun dari tumpukan ranting pepohonan. Tentunya kamu juga bisa berfoto sesuka hati di tempat ini.

3.     Kebun Teh Bukit Isis Kulon Progo

Kebun Teh Bukit Isis terletak di Dusun Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Meski berada di sekitar perkampungan, akses jalan menuju lokasi ini cukup mudah. Ada juga toilet dan ruang P3K yang akan membuat liburanmu semakin nyaman.

Di tempat wisata ini kamu akan disuguhi hamparan pohon teh. Selain itu, kamu akan dimanjakan dengan sejuknya dataran tinggi yang khas. Tak jauh dari kebun teh, terdapat gardu pandang yang bisa kamu pakai untuk berfoto dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

4.     Grojogan Watu Purbo

Dibuka untuk umum 2 tahun lalu, Grojogan Watu Purbo menyuguhkan pemandangan sungai dengan air terjun. Tempat wisata ini berada di Dusun Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Untuk memasuki lokasi ini kamu tidak akan dikenakan retribuasi, hany membayar parkir Rp 5.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil, serta Rp 20.000 untuk bus.

Grojogan Waku Purbo merupakan bangunan dam 6 tingkat yang dibuat pada tahun 1975. Sumber alirannya berasal dari Sungai Bebeng dan Sungai Krasak. Sebaiknya kamu berkunjung ke tempat ini saat awal atau akhir musim hujan, karena debit air tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Ada juga taman bunga yang lokasinya berada di sebelah timur. Tentunya kamu bisa berfoto di tempat ini.

5.     Air Terjun Gedad

Lokasi Air Terjun Gedad berada di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul. Tak ada tiket masuk untuk memasuki tempat wisata ini. Kamu hanya perlu membayar parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Menariknya, air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter ini memiliki dinding yang cukup lebar dan berpunuk-punuk.

Untuk sampai ke tempat ini kamu perlu berjalan kaki sejauh 50 meter dari permukiman warga. Selama perjalan, kamu akan melewati pemandangan pepohonan rindang. Rasa lelah kamu akan terbayarkan setelah tiba di lokasi air terjun. Kamu akan disuguhkan pemandangan eksotis alam sekitar, suara aliran air terjun yang deras, jembatan-jembatan yang dibuat dari kayu dan bambu, serta pohon kelapa yang banyak dan tinggi.

6.     The Lost World Castle

The Lost World Castle yang dibuka pada awal tahun 2017 ini berlokasi di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Tempat wisata ini memiliki banyak spot unik yang bisa kamu jadikan tempat berfoto. Untuk memasuki tempat wisata ini kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 25.000. Lalu untuk parkir motor membayar Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

Selain itu terdapat bangunan berupa kastil kuno seperti Benteng Takeshi. Benteng ini dibangun dengan tujuan sebagai wisata edukasi tentang erupsi Gunung Merapi. Gunung Merapi ini pernah eruspi hingga memporak-porandakan desa-desa di sekitar lereng gunung. Salah satunya yaitu Desa Kepuharjo yang hilang tersapu oleh dahsyatnya erupsi Gunung Merapi.

7.     Puncak Segoro

Puncak Segoro berada di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya bertempat di atas sebuah tebing pinggir pantai yang mengarah ke laut. Untuk tiket masuknya sebesar Rp 5.000 rupiah, dan untuk parkirnya Rp 2.000 – Rp 5.000. Tebing ini ditata sedemikian rupa agar pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas yang biru dengan aman dan nyaman. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati ketika ada di sini ya.

Tidak hanya menikmati pemandangan laut, kamu juga bisa mencoba beberapa spot foto dengan membayar Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Spot foto ini berbentuk seperti kuda terbang, ayunan besi, ayunan kayu, serta kursi panjang. Sedangkan fasilitas yang tersedia sudah ada toilet dan food court yang menawarkan kuliner khas Jawa.

8.     Lava Bantal

Tempat wisata berupa sungai ini berada di Jl. Berbah – Prambanan, Dusun Jragung, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Masyarakat menyebutnya Lava Bantal karena dasaran dan bebatuan sekitar sungai memiliki kontur yang unik. Kontur ini terbentuk oleh sisa-sisa lahar gunung yang mengendap. Untuk memasuki kawasan ini kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Wisata alam dengan luas dua ribu hektar ini telah menjadi geo heritage dan sudah dibuka untuk umum. Kamu bisa mendapatkan liburan seru di tempat ini dengan mencoba kegiatan susur sungai. Kamu akan merasakan derasnya aliran air sungai tentunya dengan memakai pelampung dan perangkat pengaman lainnya. Selain itu, terdapat pendopo joglo yang bisa disewa jika kamu tertarik mengadakan acara di tempat ini.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata murah Jogja yang bisa menjadi tujuan liburan kamu. Meskipun murah, namun tempat wisata di atas bisa membuat liburan kamu lebih berkesan. Jika kamu bingung mau kemana, bisa kok diskusi sama kita, we are so welcome, so tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi?

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.